Aplikasi Akuntansi Excel merujuk pada penggunaan Microsoft Excel sebagai alat untuk melakukan fungsi akuntansi. Excel merupakan program spreadsheet yang umum digunakan di berbagai jenis bisnis dan organisasi, dan dapat digunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses akuntansi.
Dalam Aplikasi Akuntansi Excel, pengguna dapat membuat lembar kerja yang dirancang khusus untuk mengelola keuangan bisnis, seperti pembukuan, pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan sebagainya. Pengguna juga dapat menggunakan rumus dan fungsi Excel untuk melakukan perhitungan otomatis seperti perhitungan pajak, perhitungan saldo akhir, atau perhitungan persentase keuntungan dan kerugian.
Microsoft Excel sudah di kenal luas penggunaanya sebagai aplikasi spreadsheet wajib di perkantoran. Software ini pertama kali dirilis pada tahun 1987. Dan dikenal sebagai alat produktivitas paling populer di dunia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hampir 90 persen perusahaan menggunakan Excel untuk kegiatan penganggaran, perencanaan, dan peramalan. Selain itu software ini juga bisa di jadikan sebagai aplikasi akuntansi excel gratis.
Topik :
- Sekilas Pembuatan Aplikasi Akuntansi Excel
- Apa Saja Yang Terlibat Dalam Pembuatan Akuntansi Excel?
- Tutorial Singkat Penggunaan
- Video Penggunaan
Software Akuntansi Gratis Excel
Software akuntansi adalah sebuah alat untuk menghasilkan laporan keuangan. Yaitu laporan Laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan laporan perubahan modal. Laporan keuangan pada akhirnya akan di analisa agar pihak internal managemen bisa mengambil keputusan darinya. Agar keputusan yang diambil bisa tepat, laporan keuangan haruslah bersumber dari data-data transaksi yang valid dan bisa di pertanggung jawabkan.
Di bawah ini adalah tampilan software akuntansi gratis excel yang bisa anda download di bagian akhir postingan.

Sebuah program akuntansi haruslah memiliki formulir untuk menginput data transaksi. Ia minimal harus memiliki formulir input untuk tanggal transaksi, keterangan transaksi, nama akun, dan debet dan kreditnya selalu seimbang. Kemudian transaksi ini akan disimpan ke dalam buku besar. Di buatkan rangkuman jumlah uangnya berdasarkan akun di laporan neraca saldo. Dan akhirnya jadilah laporan keuangan.
Sekilas Pembuatan Aplikasi Akuntansi Excel Gratis
Program akuntansi umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bisa dengan bahasa PHP, Python, Visual Basic dan bahasa lainnya. Menggunakan bahasa pemograman ini akan dipisahkan antara script dan databasenya. Database yang digunakan bisa postgre, mysql, dll. Sehingga program yang dibuat akan sanggup menampung banyak transaksi, cepat dan memiliki security yang baik.
Selain dengan bahasa pemograman, laporan keuangan excel otomatis juga bisa dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Caranya adalah dengan memanfaatkan rumus-rumus yang ada di excel. Membuat sheet-sheet yang terkait, seperti menu, bagan akun(coa), jurnal, buku besar, neraca saldo dan laporan keuangan. Rumus-rumus ini akan saling terkait antar sheetnya, sehingga perhitungan akan otomatis dilakukan.
Apa Saja Yang Terlibat Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Excel Otomatis?
Rumus Excel Akuntansi
Salah satu fitur Excel yang paling keren adalah kemampuan untuk membuat rumus. Anda dapat menggunakan rumus untuk menghitung sebuah nilai baru, menganalisis data, dan banyak lagi. Tetapi kesalahan kecil saat mengetik rumus, bisa membuat sedikit pusing. Makanya saya suka menggunakan range.
Rumus yang di gunakan dalam pembuatan program akuntansi excel ini adalah:
- if
Fungsi ini berguna untuk menentukan apakah suatu nilai sudah sesuai dengan kriteria yang kita minta, dan apa yang terjadi jika kriteria tersebut tidak sesuai - Sumif
Sumif disini berguna untuk menjumlahkan akun-akun yang ada dalam bagan akun kita. Jadi jika kita memiliki akun kas, maka denga formula ini hanya jumlah yang terkait dengan kas yang di jumlahkan. Saya gunakan di dalam Neraca Saldo - Vlookup
Rumus ini di gunakan di jurnal umum, agar proses pencarian nomor akun bisa terjadi secara otomatis. NIlai berdasarkan nama akun yang kita pilih. - Date
Rumus date digunakan karena akuntansi membagi laporan berdasarkan tanggal. Anda akan dipermudah karena tidak perlu menginput keseluruhan tanggal, tetapi cukup input tanggalnya saja. Input bulan dan tanggal sudah di setting di awal.
Range
Range adalah satu sel atau kumpulan sel yang kita beri nama. Tujuannya agar pada saat membuat rumus kita tidak perlu mengingat-ingat letak selnya. Contoh :
- sel A1 bisa kita beri nama “Header”
- sel A1:B10 bisa diberi nama “COA”
Nilai range adalah kumpulan nilai yang tersebar antara nilai Maksimum dan nilai Minimum. Range mendefinisikan penyebaran nilai dalam set data apa pun.
Jadi range sangat erat kaitannya dengan rumus. Ia membuat rumus menjadi terlihat sederhana sehingga mudah diingat.
VBA
Visual Basic For Application (VBA) adalah fitur yang kita gunakan pada saat formula-formula excel standar sudah tidak dapat lagi memenuhi keinginan kita. VBA ini saya gunakan pada saat pembuatan buku besar. Dengan VBA, saya memerintahkan excel untuk melakukan filter jurnal umum, berdasarkan kriteria akun dan bulan.
Pengalaman saya menggunakan rumus di excel, jika transaksi semakin banyak maka program akan semakin lama untuk bisa dibuka. Solusinya memang bisa dengan menambah spesifikasi komputer. Namun ini adalah pilihan yang mahal. Opsi yang lebih baik adalah dengan menggunakan VBA.
Sheet Dalam Aplikasi Akuntansi
Aplikasi akuntansi ini memiliki 9 sheets utama dan 1 sheet cara penggunaan, yaitu
- Sheet penggunaan
Di sheet ini sudah disertakan tutorial penggunaan aplikasi. Mohon di baca dengan teliti agar anda mudah menggunakannya - Sheet Home
Sheet ini terdiri dari link-link ke seluruh sheet, agar memudahkan dalam hal navigasi. Serta ada resume dari laporan keuangan - Sheet Kode Akun
Kode akun wajib dimiliki oleh setiap usaha. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Saya sudah isikan kode akun untuk perusahaan jasa, jika perusahaan anda adalah perusahaan dagang ataupun manufaktur kecil, silahkan disesuaikan - Sheet Kode Pembantu
Kode pembantu digunakan untuk mendata hutang piutang yang dimiliki usaha sesuai dengan nama rekanan. Bisa juga dimanfaatkan untuk mengkalsifikasikan proyek bagi usaha yang sering mendapatkan proyek - Sheet Input Jurnal
Sheet digunakan untuk menginput jurnal. Hasil dari input akan di tambahkan pada sheet jurnal. Selain itu sudah ditambahkan juga fasilitas untuk mencetak formulir jurnal per transaksinya. - Sheet Jurnal
Seluruh jurnal diinput disini, jurnal umum, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penyesuaian maupun jurnal penutup - Sheet Buku Besar
Buku besar digunakan untuk mengkalsifikasikan transaksi sesuai dengan kode akun yang dimiliki. Disini menggunakan VBA, karenanya tidak otomatis. Anda harus memilih akun yang akan dilihat transaksinya, baru transaksi terkait akan muncul. - Sheet Buku Pembantu
Buku besar pembantu digunakna untuk merincikan jumlah hutang piutang yang dimiliki usaha sesuai dengan nama rekanan - Sheet Neraca Lajur
Neraca lajur digunakan untuk melihat saldo keseluruhan akun dan nantinya akan menajdi acuan pembuatan laporan Neraca/Posisi Keuangan dan Laporan Laba Rugi - Sheet Neraca/Posisi Keuangan
Berisi laporan Neraca/Posisi Keuangan yang hasilnya di dapat dari Neraca lajur - Sheet Laba Rugi
Berisi laporan Laba Rugi yang hasilnya di dapat dari Neraca lajur - Sheet Laporan Perubahan Modal
Laporan perubahan modal berisi perubahan yang terjadi padal modal pemilik perusahaan. Baik penambahan secara tunai, menggunakan barang ataupun penambahan dari laba ditahan.
Tutorial Singkat Pengunaan Aplikasi Akuntansi Excel Gratis
Input hanya akan dilakukan di sheet jurnal. Dari transaksi di jurnal, anda akan di minta untuk menginput akun yang terkait. Misal ada transaksi penanaman modal oleh pemilik sebesar 100 juta rupiah. Maka jurnalnya adalah Bank di sebelah debit dan modal di sebelah kredit sebesar 100 juta. Misal akun bank adalah 102 dan modal adalah 300. Nah, berdasarkan nomor akun yang unik inilah dibuat rumus untuk menarik transaksi yang terkait dengan akun ini kebuku besar. Kemudian sheet neraca saldo akan mengambil saldo akhirnya. Dan sheet laporan keuangan akan mengambil data dari neraca saldo untuk ditampilkan.
Video Penggunaan
Untuk lebih jelasnya, saya sudah buatkan video singkatnya dibawah ini. Untuk tutorial lebih lengkap ada disini
Inilah program akuntansi excel gratis yang akan saya bagikan untuk anda. Benar-benar gratis? Yakin sama saya gan. Ini beneran gratis, tidak pakai trial, apalagi tipu-tipu. Namun agar lebih bermanfaat sudilah kiranya agan-agan sekalian membagian postingan ini ke sosial media agan-agan sekalian. Akan rekan-rekan pengusaha lainnya bisa ikut merasakan manfaatnya. Daripada menggunakan program berbayar lebih baik menggunakan program akuntansi excel gratis kan.
Untuk Tutorial lengkap penggunaan langkah demi Langkah sudah saya siapkan di sini
Download Laporan Keuangan Excel Gratis
Silahkan di download laporan keuangan excel otomatis lewat link di bawah ini. Kalau masih ada yang kurang jelas, silahkan kasih komentar dibawah
>> Download Program Aplikasi Akuntansi Dengan Microsoft Excel <<
Password : e-spt.id
Untuk permasalahan yang sering ditanyakan sudah saya rangkum di video di bawah ini
Yang Sering Ditanyakan :
- Apakah ini benar aplikasi/software akuntansi gratis excel?
Ya, beneran. Dicobain aja mas/mbak/gan. Sudah di dibuktikan oleh 20.000 lebih pendownload. Tidak ada yang bilang saya bohong - Kenapa tidak ada jurnal penyesuaian?
Semua jurnal hanya melalui satu sheet yang bernama sheet Jurnal. Mau jurnal umum, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penyesuaian maupun jurnal penutup - Kok gak bisa dibuka di komputer saya?
Pastikan Office yang digunakan minimal Office 2010 ya gan. Di bawah itu tidak di support. Jangan lupa aktifkan macronya. Pada saat dibuka pertama kali, office akan meminta anda untuk mengaktifkannya. - Bagaimana cara meng-aktif-kan macro
File > Options > Trust Center > trust center setting > Pilih enable all macro
Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya
