Belajar Aplikasi Akuntansi Excel: Panduan Lengkap bagi Pemula

Apakah anda ingin belajar aplikasi akuntansi excel dengan lebih cepat? Mampu memahami komputerisasi akuntansi agar proses pembuatan laporan keuangan bisa lebih cepat dan akurat? Saran saya setelah anda belajar akuntansi manual, kuasai cara kerja dan proses komputerisasi akuntansi lewat microsoft excel. Dengannya anda akan paham logika yang di gunakan oleh pemrograman komputer. Langkah-langkah apa saja yang bisa di otomatiskan, dan apa saja yang harus tetap di kerjakan secara manual.

Kalau anda setuju dengan pendapat saya, silahkan download aplikasinya link berikut

>>> Download Aplikasi Akuntansi <<<
Password : e-spt.id

Mudah-mudahan tidak tidak ada kendala pada saat mendownload, jika ada masalah, silahkan tonton videonya di bawah ini

Excel adalah aplikasi spreadsheet yang sering digunakan untuk mengelola data dan informasi dalam bisnis. Banyak perusahaan yang menggunakan Excel untuk menyimpan dan menganalisis data keuangan mereka. Excel juga dapat digunakan untuk membuat jurnal, buku besar, dan laporan keuangan loh. Namun, bagi pemula, menggunakan Excel untuk keperluan akuntansi bisa jadi sulit dan membingungkan. Oleh karena itu, kita akan bahas panduan lengkap bagi pemula mengenai pengenalan aplikasi akuntansi Excel.

Belajar Aplikasi Akuntansi Excel Dari Mengenal Interface Excel

Jika anda pemula maka anda harus mengenal interface atau antar mukan dari aplikasi ini. Setelah membuka aplikasi Excel, anda akan segera melihat tampilan interface Excel. Pada umumnya, interface Excel terdiri dari lembar kerja, toolbar, ribbon, formula bar, dan status bar. Pada lembar kerja, pengguna dapat memasukkan data ke dalam sel-sel yang ada.

Belajar Aplikasi Akuntansi Excel

Toolbar berisi berbagai macam fungsi yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan Excel. Ribbon terdiri dari tab dan grup fungsi yang terkait dengan aktivitas pengguna, seperti Home, Insert, dan Page Layout. Formula bar digunakan untuk memasukkan dan menampilkan formula atau rumus yang digunakan dalam spreadsheet. Sedangkan status bar berisi informasi tentang posisi sel saat ini, jumlah sel yang dipilih, dan fungsi lainnya.

Membuat/Mengedit Bagan Akun

Setelah memahami tampilan interface Excel, anda bisa mulai membuat bagan akun. Bagan akun adalah sebuah proses awal dalam pembuatan laporan keuangan. Dengannya kita mengidentifikasi akan di kelompokkan kemana, transaksi-transaksi yang terjadi.

Tujuan pembuatan bagan akun adalah untuk memberikan gambaran sistematis mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan. Dalam bagan akun, akun-akun keuangan disusun secara sistematis dan terstruktur sehingga dapat memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan, perencanaan keuangan, analisis keuangan, serta penyusunan laporan keuangan. Selain itu, bagan akun juga berguna untuk meminimalkan risiko kesalahan dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Dengan demikian, pembuatan bagan akun sangat penting untuk membantu mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan efektif.

Bagan akuntansi dikelompokkan ke dalam 7 kelompok besar yaitu :

  1. Aset
  2. Liabilitas/Hutang
  3. Equitas/Modal
  4. Pendapatan
  5. Biaya
  6. Pendapatan Lain
  7. Biaya Lain

Dibawah kelima kelompok besar ini, bisa ditambahkan sub-sub kelompok. Sebagai panduan sudah saya sediakan di aplikasi, keseluruhan abahan akunnya sbb:

KODE AKUNNAMA AKUNPOS SALDOPOS LAPORAN
1101 KAS  DEBET  NERACA 
1102 BANK  DEBET  NERACA 
1103 DEPOSITE  DEBET  NERACA 
1104 GOPAY  DEBET  NERACA 
1201 PIUTANG USAHA  DEBET  NERACA 
1202 PIUTANG KARYAWAN  DEBET  NERACA 
1203 PIUTANG LAIN LAIN  DEBET  NERACA 
1301 PERSEDIAAN ATK  DEBET  NERACA 
1302 PERLENGKAPAN KANTOR  DEBET  NERACA 
1303 PERLENGKAPAN LAIN-LAIN  DEBET  NERACA 
1401 UANG MUKA PAJAK (PPN)  DEBET  NERACA 
1402 UANG MUKA PPH 23  DEBET  NERACA 
1403 UANG MUKA SEWA KANTOR  DEBET  NERACA 
1501 TANAH  DEBET  NERACA 
1502 BANGUNAN  DEBET  NERACA 
1503 KENDARAAN  DEBET  NERACA 
1504 INVENTARIS KANTOR  DEBET  NERACA 
1505 MEBEL  DEBET  NERACA 
1601 AKUMULASI PENYUSUTAN BANGUNAN  DEBET  NERACA 
1602 AKUMULASI PENYUSUTAN KENDARAAN  DEBET  NERACA 
1603 AKUMULASI PENYUSUTAN INVENTARIS  DEBET  NERACA 
2101 HUTANG USAHA  KREDIT  NERACA 
2102 HUTANG KE INVESTOR  KREDIT  NERACA 
2201 HUTANG PPN  KREDIT  NERACA 
2202 HUTANG PPH  KREDIT  NERACA 
2203 HUTANG PPH PASAL 25/29  KREDIT  NERACA 
2301 HUTANG GAJI  KREDIT  NERACA 
2302 HUTANG KENDARAAN  KREDIT  NERACA 
2303 HUTANG INVENTARIS  KREDIT  NERACA 
3101 MODAL AWAL  KREDIT  NERACA 
3102 PRIVE  KREDIT  NERACA 
3103 LABA DITAHAN  KREDIT  NERACA 
3104 LABA (RUGI) BULAN BERJALAN  KREDIT  NERACA 
4101 PENDAPATAN JASA  KREDIT  LABA RUGI 
4102 PENDAPATAN DIVISI LAIN-LAIN  KREDIT  LABA RUGI 
4103 RETUR  KREDIT  LABA RUGI 
5101 BIAYA SEWA KANTOR  DEBET  LABA RUGI 
5103 BIAYA GAJI KARYAWAN  DEBET  LABA RUGI 
5105 BIAYA BONUS DAN TUNJANGAN LAIN  DEBET  LABA RUGI 
5107 BIAYA ATK  DEBET  LABA RUGI 
5109 BIAYA FOTOCOPY  DEBET  LABA RUGI 
5111 BIAYA PEMELIHARAAN ASET  DEBET  LABA RUGI 
5113 BIAYA TUNJANGAN KESEHATAN (BPJS)  DEBET  LABA RUGI 
5115 BIAYA TUNJANGAN KETENAGAKERJAAN (BPJS)  DEBET  LABA RUGI 
5117 BIAYA LISTRIK  DEBET  LABA RUGI 
5119 BIAYA TELEKOMUNIKASI  DEBET  LABA RUGI 
5121 BIAYA MATERAI DAN KORESPONDENSI  DEBET  LABA RUGI 
5123 BIAYA TRANSPORT  DEBET  LABA RUGI 
5125 BIAYA PELATIHAN & PENDIDIKAN  DEBET  LABA RUGI 
5127 BIAYA PERJALANAN DINAS  DEBET  LABA RUGI 
5129 BIAYA ENTERTAIN  DEBET  LABA RUGI 
6101 PENDAPATAN JASA GIRO  KREDIT  LABA RUGI 
6102 PENDAPATAN AUDIT  KREDIT  LABA RUGI 
6103 DISKON PEMBELIAN  KREDIT  LABA RUGI 
7101 BIAYA ADMINISTRASI BANK  DEBET  LABA RUGI 
7102 BIAYA PENYUSUTAN BANGUNAN  DEBET  LABA RUGI 
7103 BIAYA PENYUSUTAN KENDARAAN  DEBET  LABA RUGI 
7104 BIAYA PENYUSUTAN INVENTARIS  DEBET  LABA RUGI 
7105 IURAN DAN SUMBANGAN  DEBET  LABA RUGI 
7106 BIAYA LAIN-LAIN  DEBET  LABA RUGI 
Contoh Bagan akun

Bagan akun, seperti bisa dilihat diatas, harus memiliki kode akun dan nama akun. Penomoran kode akun dimulai sesuai dengan nomor pengelompokannya. Awalan 1 untuk aset, 2 untuk liabilitas, dan seterusnya. Kemudian untuk kepentingan pemrosesan akuntansi di excel, dibutuhkan POS SALDO normal dari masing-masing akun. Ini nantinya akan menjadi acuan di dalam pembuatan rumus di neraca lajur. Kolom Pos Laporan di pergunakan untuk memisahkan akun-akun ke dalam 2 kelompok laporan. Yaitu laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi.

Berikut video praktek cara melakukan setting bagan akun

Cara setting bagan akun

Setelah paham membuat bagan akun, berikut adalah cara memodifikasi bagan akun agar tidak merusak rumus. JIka anda menambahkan atau mengurangkan akun, tentunya akan merusak rumus yang ada di neraca lajur dan laporan. Gimana caranya agar hal ini tidak terjadi? Berikut videonya

Membuat dan Memodifikasi Kode Bantu

Setelah bagan akun jadi, dibutuhkan juga rincian yang lebih detail lagi terkait dengan piutang dan hutang dari masing-masing rekanan usaha. Karenanya dibutuhkan kode bantu. Dibuku besar memang tercantum rincian dari transaksi, namun tidak dipisahkan secara khusus berdasarkan nama rekanan perusahaan.

Format Kode bantu, mirip dengan bagan akun, berikut contohnya

KODE AKUNNAMA AKUNTABEL BANTUANSALDO NORMAL
  —PIUTANG—  
120101  TOKO KK  120101DEBET
120102  TOKO BB  120102DEBET
120103  TOKO CC  120103DEBET
120104 TOKO DD 120104DEBET
120105 AHMAD 120105DEBET
120106 BUDIMAN 120106DEBET
120107 IRWAN 120107DEBET
120108 RIAN 120108DEBET
120109 MAMAT 120109DEBET
  —HUTANG—   
210101 TOKO BOY 210101KREDIT
210102 TOKO KOMPUTER 210102KREDIT
210103 PT HONDA PROSPECT MOTOR 210103KREDIT
  —PROYEK—   
410101 PROYEK PEMKOT 310301KREDIT
410102 PROYEK PT MAJU BANGET 310302KREDIT
410103 PROYEK 1 310303KREDIT
410104 PROYEK 2 310304KREDIT
410201 PROYEK 3 310305KREDIT
410202 PROYEK 4 310306KREDIT
Contoh kode bantu

Di kode bantu ini, silahkan melakukan penambahan maupun pengurangan akun. Tidak akan mempengaruhi ke sheet lainnya di aplikasi akuntansi excel gratis ini. Berikut video tutorialnya

Cara Menjurnal

Sebelum menjurnal baiknya kita pahami dulu apa itu menjurnal. Menjurnal adalah proses mencatat transaksi keuangan perusahaan ke dalam jurnal umum atau jurnal khusus untuk memudahkan pengelolaan dan analisis keuangan. Proses ini dilakukan setiap kali terjadi transaksi keuangan di perusahaan.

Adapun langkah-langkah proses menjurnal sebagai berikut:

  1. Identifikasi jenis transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan.
  2. Tentukan akun-akun keuangan yang terlibat dalam transaksi tersebut.
  3. Tentukan apakah transaksi tersebut merupakan transaksi debet atau kredit, dan tentukan nominal uang yang terlibat.
  4. Catat transaksi tersebut dalam jurnal umum atau buku besar menggunakan format yang telah ditentukan, seperti T-account atau bentuk tabel.
  5. Pastikan total jumlah debet dan kredit dalam jurnal umum sama (bernilai nol), karena setiap transaksi harus memiliki jumlah debet yang sama dengan jumlah kredit.

Proses menjurnal sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan, karena membantu memastikan keakuratan catatan keuangan dan memudahkan analisis keuangan di masa yang akan datang.

Baik, saya sudah siapkan beberapa contoh transaksi, berikut data transaksinya :

TanggalKeterangan
01/01/21CV Solusi Palam Raya menerima modal awal sebesar 100.000.000
02/01/21Penarikan Dana dari bank 50.000.000
03/01/21Membeli 3 unit computer @5.000.000 secara kredit
04/01/21Menerima Dana dari Investor 1.000.000.000
05/01/21Menerbitkan invoice jasa pembuatan laporan PT MAJU BANGET 100.000.000
06/01/21Pembayaran jasa pembuatan laporan 100 jt
07/01/21Membayar Gaji Karyawan 75 jt, lewat transfer bank
08/01/21Bayar Listrik 600.000
09/01/21Pemindahan dari kas ke gopay
10/01/21Pembelian 1 set meja rapat 15.000000, DP 5000.000
11/01/21Pelunasan 3 unit computer @5.000.000
01/02/21Pembelian Lemari 2 jt, diskon 70.000
02/02/21Pembelian Mobil Fred 170.200.000, belum PPn
Contoh Transaksi

Penyelesaian

1CV Solusi Palam Raya menerima modal awal sebesar 100.000.000
Isikan tanggal di kolom A8, yaitu 1. Maka otomatis kolom B8, yaitu tanggal, akan berubah menjadi 01/01/2021. Kemudian masukkan nomor bukti dan keterangan transaksi. Isikan nama akun yang terkait, caranya dengan memilih menu dropdown. Menu dropdown ini sengaja dibuat agar tidak terjadi kesalahan input nama akun. Konsistensi nama akun sangat penting didalam akuntansi menggunakan excel. Nama akun dan kode bantu tidak dibutuhkan disini, karena tidak ada akun piutang maupun hutang.

Akun pertama yang terkait adalah Bank didebet 100 juta dan Modal di kredit sebesar 100 jt. Jangan lupa baris kedua juga diberikan tanggal, nomor bukti dan keterangan. Agar bisa muncul nantinya di buku besar.
.2Penarikan Dana dari bank 50.000.000
Kas bertambah di sebelah debet dan bank berkurang di sebelah kredit dengan nilai yang sama, yaitu 50 jt
3Membeli 3 unit computer @5.000.000 secara kredit
Brarti total nilai adalah 5 jt x 3 = 15 jt.
Inventaris bertambah 15 jt (Debet) dan hutang bertambah 15 jt (Kredit)
4Menerima Dana dari Investor 1.000.000.000
Bank bertambah (debet) dan Hutang ke Investor bertambah (Kredit) sebesar 1 milyar
5Menerbitkan invoice jasa pembuatan laporan PT MAJU BANGET
Perusahaan sudah menyelesaikan pembuatan laporan (pendapatan jasa). Sudah bisa diakui adanya pendapatan, walaupun kas belum masuk.
Piutang usaha bertambah (debet) dan Pendapatan jasa bertambah (Kredit) sebesar 100.000.000. Masukkan nama rekanan PT MAJU BANGET dinama akun bantu dengan memilih dari dropdown menu.
6Pembayaran jasa pembuatan laporan 100 jt
Barulah saat ini kas didapatkan dan piutang berkurang
kas bertambah (debet) dan Piutang berkurang sebesar 100 jt atas nama rekanan PT MAJU BANGET. Masukkan nama akun bantunya. Hal ini akan mengakibatkan buku pembantu hutang untuk PT MAJU BANGET akan bernilai 0.
7Membayar Gaji Karyawan 75 jt lewat Bank
Pembayaran hak karyawan akan mengurangi pendapatan. Jurnalnya Biaya Gaji bertambah (debet) dan Bank berkurang (kredit) sebesar 75 jt
8Bayar Listrik 600.000
Biaya listrik bertambah (Debet) dan kas berkurang (kredit) sebesar 600.000
9Pemindahan dari kas ke gopay
Akun Gopay bertambah (Debet) dan Kas berkurang (kredit)
10Pembelian 1 set meja rapat 15.000000, DP 5000.000
Disini akan ada 3 akun yang terlibat, yaitu Inventaris bertambah (debet) 15.000.000, kas berkurang (kredit) 5 jt dan Hutang bertambah (kredit) 10 jt. Tambahkan kode bantunya juga untuk hutang invantaris ini. Tambahkan akun bantu baru atau edit yang sudah ada di sheet Kode bantu. Agar kode akunnya bisa dimasukkan di jurnal.
11Pelunasan 3 unit computer @5.000.000
Hutang berkurang (debet) dan kas juga berkurang (kredit) sebesar 15.000.000. Masukkan nama kode bantunya. Agar nilai hutang menjadi 0
12Pembelian Lemari 2 jt, diskon 70.000
Akun mebel bertambah (Debet) 2 jt, kas berkurang (Debet) 1.930.000 dan diskon bertambah (kredit) sebesar 70.000
13Pembelian Mobil Fred 170.200.000, belum PPn
Kendaraan bertambah (debet) 170.200.000 PPn dibayar dimuka bertambah (debet) 17.020.000 dan hutang juga bertambah sebesar 170.200.000 ditambah 17.020.000
Contoh penjurnalan di aplikasi akuntansi excel

Berikut videonya agar lebih jelas lagi

Pengertian Buku Besar dan Buku Besar Pembantu

Buku besar adalah buku akuntansi yang digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode waktu tertentu (misalnya satu tahun) dalam akun-akun yang berbeda. Buku besar ini digunakan sebagai alat untuk memonitor dan mengelola transaksi keuangan dalam perusahaan.

Dalam buku besar, setiap akun keuangan memiliki halaman khusus di mana transaksi keuangan yang terkait dengan akun tersebut dicatat.

Sementara itu, buku besar pembantu adalah buku akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang spesifik pada suatu akun keuangan tertentu dalam buku besar.

Buku besar pembantu sering digunakan untuk akun-akun yang memiliki banyak transaksi seperti akun piutang atau akun hutang. Buku besar pembantu memungkinkan pengelola keuangan untuk lebih mudah melacak transaksi keuangan yang terkait dengan akun tertentu, serta memudahkan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Perbedaan antara buku besar dan buku besar pembantu terletak pada tingkat detail informasi yang disajikan. Buku besar memberikan informasi umum mengenai transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode waktu.

Sementara buku besar pembantu memberikan informasi lebih detail mengenai transaksi keuangan pada suatu akun tertentu. Dalam buku besar pembantu, informasi transaksi keuangan dapat dipecah lagi menjadi sub-akun yang lebih spesifik, sehingga memudahkan pengelola keuangan dalam memantau dan mengelola keuangan perusahaan.

Cara Penggunaan Buku Besar dan Buku Pembantu

Buku besar dan buku Pembantu di aplikasi ini sudah di buat otomatis menggunakan vba macro bukan menggunakan rumus. Jadi tidak otomatis ketika selesai menjurnal, hasilnya akan ada di buku besar. Anda harus memilih akunnya dulu dan bulannya jika dibutuhkan, baru hasilnya akan keluar. Ini saya lakukan karena penggunaan rumus dalam jumlah transaksi yang besar sangat memberatkan sistem.

Berikut adalah contoh buku besar Kas

  KAS<< Pilih AkunBulan>>Semua
TanggalNo BuktiKETERANGANDEBETKREDITSALDO
     0
02/01/2021  Penarikan Dana dari bank 50.000.000                    50,000,000           50,000,000
08/01/2021  Bayar Listrik                  600,000          49,400,000
09/01/2021  Pemindahan dari kas ke gopay               1,000,000          48,400,000
10/01/2021  DP Pembelian 1 set meja rapat               5,000,000          43,400,000
01/02/2021  Pembelian Lemari               1,930,00041,470,000
contoh buku besar

Berikut video praktiknya

Penggunaan Neraca Lajur

Langkah selanjutnya membuat neraca lajur. Neraca lajur adalah rangkuman seluruh transaksi berdasarkan akun. Disini saya menggunakan rumus, sehingga seluruh perubahan di jurnal akan langsung mengubah neraca lajur. Perhatikan atau cek lagi transaksi d jurnal ataupun rumusnya jika terjadi unbalance.

Penggunaan Laporan Laba Rugi dan Neraca

Laporan Laba Rugi dan Neraca seperti neraca lajur, menggunakan rumus. Yang perlu diperhatikan adalah pada saat menambah atau mengurangkan akun di sheet bagan akun. Perubahan tersebut juga harus dilakukan di kedua sheet laporan keuangan. Beikut adalah video praktiknya

Demikian tutorialnya, silahkan di tanyakan jika ada yang kurang jelas

24 pemikiran pada “Belajar Aplikasi Akuntansi Excel: Panduan Lengkap bagi Pemula”

  1. Dear pak Irvanus,

    Kalau ada waktu bisa buat klas ONLINE Belajar AKUNTANSI coba barangkali ada yang berminat dengan berbayar. Belajarnya menggunakan Zoom, kalau sudah cukup pesertanya baru dibuka klas ONLINE nya.
    Saya yang pertama daftar.

    Balas
  2. waktu didownload dan dibuka, terus enable macro nya ada tulisan…”could not load an object because it is not available on this machine…..
    artinya apa ya….atau kurangnya apa ?

    terima kasih

    Balas
  3. pak,.. saya sudah download aplikasi nya dan sudah saya pergunakan
    aplikasinya sangat membantu saya hanya saja pada saat di sheet Buku Besar ketika saya klik pilihan Akun langsung keluar COMPILE ERROR ” CAN’T FIND PROJECT OR LIBRARY”
    Mohon bimbingannya pak

    Balas
  4. Kanapa yah saat selesai saya dounload, pas buka tampilanx kosong, bahkan untuk membuka kunci tidak muncul, mohon penjelasanya

    Balas
  5. misal kita sudah input jurnal umum sampai bulan september tapi mau lihat laporan Rugi/Laba atau Neraca hanya untuk sampai dengan bulan Juli saja bisa atau tidak pak?
    terimakasih.

    Balas
  6. Saya sudah register, waktu klik submit, muncul error. Lalu saya register lagi dan submit, muncu user and email exist. Mohon solusinya pak?

    Balas

Tinggalkan komentar